Divisi Pemelajaran Digital

 

Divisi Pemelajaran Digital merupakan salah satu divisi yang berada di bawah koordinasi Lembaga Pengembangan Pemelajaran dan Karier (LPPK). Divisi Pemelajaran Digital bertanggung jawab atas platform pemelajaran digital yang diterapkan di Unpar. Platform pembelajaran digital yang diterapkan di Unpar diberi nama IDE (Interactive Digital-learning Environment). 

Selain bertanggung jawab atas platform pemelajaran digital, divisi ini juga mengelola kelas dan akun di IDE, membuat panduan penggunaan, dan memberikan pelatihan pengembangan pemelajaran digital. Hal ini dilakukan melalui workshop, pelatihan dan webinar.

Divisi ini juga memberikan informasi seputar hibah pembuatan modul digital, baik yang berasal dari DIKTI, maupun hibah yang disediakan dari Lembaga Pengembangan Pemelajaran dan Karier sendiri.

  

IDE
IDE adalah platform pemelajaran yang digunakan di Unpar dan merupakan tempat penyimpanan materi bagi dosen, yang dapat diakses oleh mahasiswa. Materi di IDE dibuat untuk pembelajaran selama 1 semester, dimana di dalam 1 semester terdapat 14 kali pertemuan dan 2 kali ujian. IDE dapat diakses dengan menggunakan akun Unpar baik oleh dosen, maupun oleh mahasiswa. Divisi Pemelajaran Digital bertanggung jawab untuk mengelola kelas dan akun IDE, membuat panduan penggunaan dan memastikan IDE dapat digunakan dengan baik selama perkuliahan berlangsung.

Pelatihan
Pelatihan yang dilakukan oleh Divisi Pemelajaran Digital meliputi:
– Pelatihan penggunaan IDE
– Pelatihan mengajar secara daring
– Pelatihan menggunakan berbagai teknologi dalam pengajaran

serta pelatihan lainnya yang dilakukan secara daring maupun luring.

Kuliah Online dan Hibah
Divisi ini juga bertanggung jawab untuk membantu dosen dalam proses penyelenggaraan perkuliahan secara daring, serta memberikan dorongan secara berkesinambungan kepada dosen agar membuat materi ajar secara daring melalui informasi hibah yang disediakan.

Interactive Digital Learning (IDE)
Video Pembelajaran