Divisi Pengembangan Talenta dan Karier

 

Divisi Pengembangan Talenta dan Karier bertanggung jawab untuk mengembangkan soft skill mahasiswa Unpar agar mereka tumbuh berkembang menjadi pribadi yang matang untuk siap masuk ke dunia kerja dan dapat berdampak bagi masyarakat.

Proses ini dilakukan dengan memberikan course-course pembekalan bagi mahasiswa dengan beragam tema yang dibagi ke dalam 4 tahun.  

Selain itu, Divisi Pengembangan Talenta dan Karier juga menjalin hubungan dengan berbagai perusahaan / instansi atau lembaga yang bertujuan agar wawasan dan pengetahuan mahasiswa dapat diperkaya melalui materi-materi edukatif yang diberikan oleh perusahaan, serta dapat tersalurkan praktek kerja atau bekerja, melalui kerjasama yang telah dibentuk.

 

PROGRAM-PROGRAM DIVISI PENGEMBANGAN TALENTA DAN KARIER

PROFESSIONAL DEVELOPMENT PROGRAM

Professional Development Program dari Lembaga Pengembangan Pemelajaran dan Karier (LPPK) Universitas Katolik Parahyangan adalah program yang membantu mahasiswa agar dapat tumbuh berkembang sebagai pribadi yang matang dan siap bekerja.

Professional Development Program terbagi dalam 4 tahun dan masing-masing tahun terdiri dari kelas-kelas dengan berbagai tema.  Mahasiswa dapat mengikuti seluruh kelas yang ada di dalam program ini selama 4 tahun belajar di UNPAR.

Mahasiswa dapat memilih kelas mana yang dibutuhkan, namun memang akan lebih baik apabila mereka bisa mengikuti seluruh kelas yang tersedia, karena setiap kelas dari tahun pertama sampai dengan tahun keempat merupakan sebuah rangkaian yang utuh dalam membentuk mahasiswa menjadi lulusan yang siap masuk dunia kerja professional.

Materi-materi yang diberikan adalah sebagai berikut :

Tahun 1 (Beginner Course) : Preparing Your Career

Mengawali langkah pertama sebagai mahasiswa UNPAR, pertama-tama tentunya mereka diajak untuk beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi, baik secara pribadi sebagai seorang yang memasuki masa dewasa awal, namun juga perubahan peran dan juga lingkungan yang dihadapinya.  Setelah mereka mampu beradaptasi, mahasiswa diajak untuk mengekplorasi dirinya agar semakin mampu mengenal dan menerima dirinya agar kemudian mampu merencanakan masa depan sejak dini dan mulai untuk bisa mengatur waktu serta membuat prioritas agar terbentuk kebiasaan baik untuk mencapai tujuan akhirnya kelak.  Mengapa hal ini perlu dilatih sejak dini? karena saat mereka lulus, mereka akan mengalami siklus yang sama dalam dunia kerja, beradaptasi, mengenal diri dan membuat perencanaan

Judul Course :

  • Beradaptasi
  • Eksplorasi Diri
  • Manajemen Waktu

 

Tahun 2 (Intermediate Course) : Connecting with your Peers 

Membangun koneksi dengan sesama menjadi hal vital dalam kehidupan studi dan bekerja, maka pada course di tahun kedua ini mahasiswa akan diajak untuk belajar menjadi pribadi yang bijaksana dan mampu membangun relasi yang sehat dengan pribadi diluar dirinya.  Dimulai dari mengembangkan keterampilan berkomunikasi dengan segala tekniknya agar mampu mengelola berbagai bentuk konflik yang mungkin muncul dalam berelasi, kemudian diharapkan mahasiswa dapat terlatih untuk menganalisa potensi serta membentuk suatu kerjasama yang bersinergi dengan pribadi – pribadi lain diluar dirinya, sebagai bekal kerjasama yang efektif di dunia kerja kelak.

Judul Course :

  • Berkomunikasi
  • Mengelola Konflik
  • Bekerjasama

 

Tahun 3 (Advanced Course) : Being Recognized

Di tahun ke-3 ini, mahasiswa akan diasah sehingga menghasilkan pribadi Unpar (Unparian) yang berkarakter hebat, yaitu: bertanggung jawab, memiliki disiplin & konsistensi, berkomitmen tinggi dan mampu menyesuaikan diri dengan dunia kerja. Karakter ini diharapkan menjadi ciri utama lulusan Unpar yang dapat diandalkan dan mudah dikenali dalam dunia kerja nantinya.

Judul Course :

  • UNPARIAN yang bertanggung jawab
  • UNPARIAN yang disiplin, berkomitmen dan konsisten
  • Menyesuaikan Diri dengan Dunia Kerja

 

Tahun 4 (Professional Course) : Ready To Work

Akhirnya mahasiswa memasuki tahun ke 4 dimana mahasiswa sudah menyelesaikan proses pengembangan diri selama 3 (tiga) tahun. Di tahun ke 4 ini, mahasiswa diajak untuk mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja. Mulai dari hal – hal teknis seputar persiapan berkas lamaran kerja, hingga proses seleksi kerja yang akan dihadapi setelah mereka lulus. Setelah memasuki dunia kerja, mereka diharapkan untuk dapat terus mengembangkan kemampuan – kemampuan dirinya, agar siap menghadapi persaingan serta mampu menjawab berbagai macam tantangan yang muncul di dalam dunia kerja.

Tujuan akhir dari semuanya adalah agar mahasiswa / lulusan UNPAR dapat menjadi seorang GREAT UNPARIAN, yang senantiasa mengamalkan nilai – nilai SINDU dalam setiap langkahnya, serta berkontribusi dan berkarya positif bagi masyarakat dan lingkungan kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Judul Course :

  • Menyiapkan Berkas Lamaran Kerja
  • Mengenal Proses Seleksi Kerja
  • Survive di Dunia Kerja sebagai UNPARIAN

 

UNPAR VIRTUAL JOB FAIR

Unpar Virtual Job Fair dari Lembaga Pengembangan Pemelajaran dan Karier (LPPK) Universitas Katolik Parahyangan adalah kegiatan Job Fair yang dilaksanakan secara virtual, yang bertujuan untuk mempertemukan lulusan UNPAR dengan pengguna lulusan.  Dalam kegiatan ini, diharapkan perusahaan / instansi / lembaga dapat melakukan promosi dan presentasi mengenai profilnya, sekaligus melaksanakan rekrutmen yang lebih efektif dan efisien agar mendapatkan sumber daya manusia sesuai kualifikasi yang diharapkan dan lulusan UNPAR pun tersalurkan ke dunia kerja.

SEMINAR KARIR

Seminar Karir bertujuan untuk memperkaya wawasan calon lulusan UNPAR dengan hal-hal yang berkaitan dengan dunia kerja, yang sifatnya spesifik mengenai bidang kerja tertentu ataupun hal-hal lain untuk memperluas pengetahuan lulusan UNPAR.  Untuk saat ini bentuk seminar karir yang akan dilakukan adalah dalam bentuk Webinar dan mengundang narasumber dari pihak perusahaan maupun alumni yang sudah sukses di dunia kerja.

 

 

Lembaga Pengembangan Pemelajaran dan Karier (LPPK)

 

Lt 4. Gedung Rektorat Unpar
Jalan Ciumbuleuit No. 94
Bandung – 40141
Jawa Barat, Indonesia
Telp.
(022) 203 2655; (022) 204 2004 ext. 100407

email: lppk@unpar.ac.id