Divisi Perancangan Strategi Seleksi Mahasiswa

 

Divisi Perancangan Strategi Seleksi Mahasiswa bertanggung jawab untuk merancang strategi seleksi mahasiswa. Divisi ini bekerjasama dengan Kantor Pemasaran dan Admisi (KPA) untuk menjaring mahasiswa yang berkualitas dengan jumlah yang sesuai dengan kriteria dan kapasitas Universitas Katolik Parahyangan (Unpar).

Saat ini ada 3 cara untuk dapat berkuliah di Unpar:
– Penentuan Minat Dan Kemampuan (PMDK) dan Mitra Sekolah
– Ujian Saringan Masuk (USM)
– Seleksi UTBK

PMDK dan Mitra Sekolah
Penjaringan melalui PMDK dan Mitra Sekolah adalah cara yang digunakan untuk menjaring siswa-siswi terbaik dari sekolah-sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Cara penjaringan dilakukan dengan melihat nilai rapor siswa dari sekolah yang diundang. Siswa-siswi dengan nilai rapor yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Unpar memiliki kesempatan untuk menjadi mahasiswa Unpar.

Karena adanya beberapa kelompok sekolah, perlu bagi Unpar untuk melakukan kalibrasi atas nilai rapor dari sekolah yang berbeda. Hal ini perlu dibincangkan dengan LPM untuk memastikan kualitas mahasiswa yang diterima sesuai dengan kriteria minimum yang ditetapkan.

Keuntungan melalui jalur mitra sekolah adalah siswa-siswi terbaik dari sekolah tersebut memiliki kesempatan untuk masuk ke Unpar dan mendapatkan beasiswa ketika kuliah di Unpar.

USM dan UTBK
Penjaringan melalui USM adalah cara yang digunakan untuk menjaring siswa-siswi melalui ujian dalam mata uji Bahasa Inggris, Matematika, Fisika (Teknik Sipil, Teknik Kimia dan Mekatronika), Gambar (Arsitek), dan Wawancara (Filsafat dan D3). Penjaringan ini digunakan untuk menentukan kriteria minimal kompetensi mahasiswa yang masuk ke Unpar dan mengurutkan kemampuan mahasiswa yang akan masuk ke Unpar. Untuk program studi favorit, calon mahasiswa dengan urutan yang terbaik akan dipilih sesuai dengan kapasitas program studi. Untuk program studi lainnya, USM digunakan sebagai cara untuk menentukan kriteria minimal masuk Unpar.

Tantangan: saat ini masih diperlukan untuk memikirkan cara yang baik agar kriteria minimal tersebut dapat diandalkan (tidak berubah dari tahun ke tahun)

Tugas yang perlu dipikirkan oleh Divisi Perancangan Strategi Seleksi Mahasiswa adalah:
– Bagaimana membangun kerjasama dengan sekolah-sekolah di Indonesia agar Unpar dapat menjaring siswa-siswi terbaik dari sekolah-sekolah tersebut
– Bagaimana membuat kelompok sekolah agar dapat menentukan kualitas mahasiswa yang masuk melalui nilai rapor
– Menentukan jenis ujian yang paling tepat untuk USM agar dapat menentukan kualitas mahasiswa yang masuk ke Unpar
– Memikirkan cara lain untuk masuk ke Unpar – misalnya melalui jalur prestasi lainnya (non-akademik)