Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang melibatkan 110 BUMN dan 136 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di seluruh Indonesia. PMBB ini telah mengikutsertakan lebih dari 16.400 mahasiswa untuk melakukan magang di semua BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia sejak semester kedua tahun 2018.

PMMB merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pengayaan wawasan dan keterampilan mahasiswa untuk mempersiapkan dan menciptakan SDM Indonesia Unggul terutama dalam menghadapi persaingan global melalui link and match kurikulum industri dan Perguruan Tinggi.

Melalui program ini, diharapkan terjadi link & match kurikulum antara perguruan tinggi dan sektor industri. Pihak perguruan tinggi jadi bisa update dengan kebutuhan industri. Materi perkuliahan juga bisa terus diupdate sejalan dengan perkembangan yang terjadi di industri.

Tentunya PMMB memiliki banyak manfaat untuk mahasiswa. Diantaranya yaitu pengalaman bekerja di BUMN dapat menjadi bekal yang berharga untukmenghadapi dunia industry yang sebenernya, jadi Anda dapat menerapkan ilmu yang sesuai bidangnya pada pekerjaan nyata. Selain itu, benefit yang dapat diperoleh yaitu sertifikat industry dan atau sertifikat kompetensi.

Perlu dicatat bahwa PMMB bukan  Pre-Recruitment, namun data Anda yang sudah pernah magang di BUMN tersebur bisa menjadi nilai plus ketika Anda tertarik untuk melamar menjadi pegawai tetap tersebut.

Divisi Pengembangan Talenta dan Karier Universitas Katolik Parahyangan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka kesempatan kepada mahasiswa UNPAR untuk dapat mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) BUMN. Apakah Anda tertarik untuk bergabung?, Mari kita simak persyaratan dan cara mendaftarnya

Persyaratan

Supaya Anda dapat mengikuti PMMB, maka ada beberapa criteria dan persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu

  1.  Merupakan mahasiswa aktif untuk jenjang pendidikan D3, D4, S1, maupun S2. Anda yang sedang mengerjakan skripsi atau tesis, maupun yang sudah sidang tapi belum wisuda, diperbolehkan  untuk mendaftar pada program  ini.
  2. Minimal Semester:
  • Semester 5 untuk D3
  • Semester 7 untuk D4 atau S1
  • Semester 2 untuk Pasca Sarjana

Namun mahasiswa semester 5 (S1) dan semester 3 (D3) bisa mendaftar dengan syarat mampu berkomitmen menjalani magang selama 6 bulan full time.

  1. Mahasiswa memiliki IPK Minimal 2.75. Anda diminta untuk melampirkan transkrip nilai sebagai bukti di google form yang nanti disediakan.
  2. Siap berkomitmen menjalankan kegiatan magang selama 6 bulan di BUMN dengan penuh tanggung jawab. 
  3. Mengisi surat pernyataan kesediaan mengikuti PMMB BUMN 2021 Batch 1.  (Unduh contoh surat di sini)

Berikut beberapa jurusan yang dibutuhkan oleh BUMN pada PMMB Batch I 2021:

No Jurusan
1 Administrasi
2 Administrasi Bisnis
3 Administrasi Perkantoran dan Sekretaris
4 Agribisnis
5 Akuntansi
6 Akuntasi Keuangan
7 Analisis Kimia
8 Arsitektur
9 Bahasa Inggris
10 Desain Grafis
11 Desain Komunikasi Visual
12 Ekonomi dan Manajemen Bisnis
13 Hubungan Internasional
14 Ilmu Hukum
15 Ilmu Komunikasi
16 Manajemen
17 Manajemen Administrasi
18 Manajemen Bisnis
19 Manajemen Keuangan
20 Manajemen Pemasaran
21 Manajemen SDM
22 Marketing
23 Perpajakan
24 Psikologi
25 Sistem Informasi
26 Statistika
27 Teknik Elekstro
28 Teknik Industri
29 Teknik Informatika
30 Teknik Lingkungan
31 Teknik Mesin
32 Teknik Sipil

DEADLINE: SELASA, 9 FEBRUARI 2021 PUKUL 23.00

Alur Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) BUMN:

  1. BUMN mengirimkan jumlah kebutuhan posisi magang yang dibutuhkan ke FHCI

BUMN, selaku penyelenggara magang, mengirim data tentang kebutuhan pemagang ke FHCI. Data tersebut berisi posisi dan kompetensi yang diperlukan untuk posisi tersebut. 

  • Perguruan tinggi menyiapkan data ketersediaan mahsiswa magang untuk di setorkan ke FHCI

Kami akan menyeleksi data Anda mulai tanggal 10- 11 Februari 2021, sehingga tanggal 12 Februari 2021 kami dapat mengirimkan data tersebut ke FHCI

  • FHCI Match up kebutuhan posisi magang dari BUMN dengan ketersediaan mahasiswa magang dari Perguruan Tinggi

FHCI melakukan match up antara kebutuhan BUMN terhadap posisi magang dan pemagang yang direkomendasikan perguruan tinggi. Hasil match up akan diinformasikan pada perguruan tinggi dan BUMN baik melalui website maupun surat. Pengumuman PMMB dilakukan setelah hasil match up keluar. 

Setelah hasil match up diumumkan, pihak BUMN dan perguruan tinggi akan membuat Perjanjian Kerjasama Magang. 

  • BUMN melakukan seleksi mahasiswa magang
  • Mahasiswa menjalankan permagangan selama 6 bulan di BUMN

Selama 6 bulan, program magang akan dilaksanakan. Tanggung jawab harus dilaksanakan dengan baik karena kinerja akan dinilai. Anda juga diminta untuk berkomitmen dan mengikuti semua peraturan perusahaan. Pemagang akan didampingi seorang mentor dan diberi sejumlah tugas.

  • Mahasiswa menerima sertifikasi industri (oleh BUMN) dan atau serttifikasi kompetensi (oleh BNSP)

Mendekati akhir masa magang, diberi pembekalan uji kompetensi. Uji kompetensi ini diberikan buat peserta magang di program bersertifikat kompetensi. Peserta magang akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi dari BNSP setelah lulus uji kompetensi. Peserta magang di program bersertifikat industri akan mendapat Sertifikat Industri dari pihak BUMN.

CATATAN

  1. Pelaksanaan Kegiatan Magang dilaksanakan 6 bulan dan jadwalnya mengikuti agenda BUMN (setiap BUMN mempunya agenda yang berbeda)
  2. Mahasiswa yang dinyatakan lolos, tidak boleh mengundurkan diri
  3. Bila ada yang ingin ditanyakan dapat menghubungi Ibu Aty 0811.1234.001

Mari mendaftarkan diri untuk mengikuti program magang BUMN ini, dan tentunya pastikan diri Anda memenuhi kriteria serta melengkapi semua persyaratannya. Terimakasih